Cara dan trik meningkatkan penjualan UMKM di daerah tempat mu tinggal dengan menggunakan dan mengoptimalkan google maps.
Apakah kamu sedang membuat usaha yang berfokus kepada daerah sekitarmu? Jika ia, artikel ini akan membahasa bagaimana kamu bisa meningkatkan penjualan dengan menerapkan strategi local seo yang tepat.
Local SEO sendiri mungkin terdengar asing untuk kamu yang baru memulai mengenal SEO, tetapi jangan khawatir, karena di artikel ini akan dibahasa semua mulai dari mengenal apa local seo, dan bagaimana cara membuatnya dan tidak lupa, disini juga kamu akan mempelajari bagaimana cara membuatnya untuk bisnis mu.
Local Search Engine Optization(Local SEO)
Local SEO adalah sebuah strategi digital marketing yang befokus untuk bisnis lokal atau bisnis yang befokus ingin mencari pelanggan yang bertempat tinggal di sekitar lokasi bisnis atau mereka yang sedang berada di lokasi binis mu.
Pernahkan kamu mencari hotel terdekat ketika berkunjung keluar kota? Dan ketika kamu mencari hotel, pom bensing, rumah makan terdekat, dan mencari informasi-informasi lainnya yang terletak di daerah sekitar tempat kamu berkunjung. Setelah melakukan pencarian di google, kamu akan diberikan beberapa informasi seperti Usaha Mikro kecil Menengah(UMKM) yang jarak tempuhnya terjangkau oleh mu. Jika kamu menemukannya di pencarian google, berarti UMKM yang kamu lihat itu telah menerapkan loak seo dengan cukup baik.
Setelah kamu memahami lokal seo berdasarkan fakta lapangan, sekarang saatnya kamu mengetahui apa keuntungan lebih dari lokal seo dan bagaimana lokal seo memberikan manfaat langsung kepada bisnis UMKM yang sedang kamu kembangkan, dan diakhir kita akan belajar step by step cara pembuatan dan mengoptimalkannya.
Keuntungan Dari Mengoptimalkan Lokal SEO
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, salah satu keuntungan lokal seo yaitu:lokal seo akan sangat membantu usaha kamu dikenal oleh orang yang berada atau sedang berada di daerah jangkauan lokasi usaha mu, tapi apakah cuma itu saja? hmm…mari kita bahas lebih jauh keuntungaan lokal seo untuk usaha umkm mu.
1. Meningkatkan Kesadaran Merek
Kesadaran merek adalah, ketika merek mu dikenal dan diingat oleh pelanggan atau calon pelanggan dengan baik. Kesadaran merek di kalangan masyarakat bisa lebih kamu tingkatkan dengan menggunakan strategi lokal seo. Lokal seo tidak hanya membantu calon pelanggan lokal yang sadar akan merek mu, tapi lokal seo juga membantu kamu dikenal baik dengan lebih luas.
Mari kita ambil contoh di dunia nyata bagaimana strategi lokal seo mengenalkan usahamu tidak hanya di daerah lokal, tetapi juga di daerah luar kota.
Budi Ingin bepergian untuk berlibur ke luar kota, dan kota yang ingin di datangi budi kebetulan adalah kota tempat kamu menjalankan bisnis jualan makanan khas kota mu. Sebelum melakukan perjalanan, Budi telah mencari tau apa saja yang tersedia di kota tempatnya akan melakukan liburan. Tidak lupa, budi juga melakukan pencarian tentang apa saja ciri khas dari kota itu.
Ketika budi sedang mencari tahu melalui google, budi melihat sebuah tempat menjual makanan-makanan khas yang ingin dia kunjungi, dan itu adalah usaha mu yang telah menerapkan lokal seo dengan baik.
2. Menargetkan calon pelanggan lokal dengan lebih baik
Lokal seo juga membantu usaha UMKM mu lebih dikenal oleh calon pelanggan yang berada dekat dengan bisnis kamu dijalankan. Ini akan sangat membantu UMKM mu menemukan pelanggan tetap.
3. Bersaing dengan bisnis lokal lainnya
Tidak bisa dipungkiri, bahwa persaingan selalu ada, mulai dari persaingan besar hingga persaingan kecil. Dengan menerapkan lokal seo dengan baik, kamu tidak perlu takut lagi akan persaingan, karena apa..? jelas karena kamu menerapkan lokal seo yang memberikan dampak yang lebih baik kepada usahamu.
4. Biaya promosi murah meriah
Melangsir dari Sinergimedia, membuat promosi berbentuk baliho, banner, dan sejenis yang akan dipajang di jalan, akan memakan biaya 200 juta sampai dengan 300 juta per tahun. Tapi apakah menerapkan promosi dengan lokal seo semahal itu? Kabar baiknya, menerapkan lokal seo sebagai media promosi umkm mu terbilang cukup murah, bahkan bisa dengan gratis.
Cara Menerapkan Lokal SEO Menggunakan Google Maps untuk UMKM
Setelah kita membasah apa itu lokal seo dan apasaja keuntungannya untuk bisnis UMKM yang sedang kamu kembangkan. Sekarang saatnya kita belajar bagaimana cara membuatnya dari awal dan apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan nya.
Mendaftarkan Lokal UMKM di Google Maps
Google maps adalah senjata utama dari lokal seo. Dengan menggunakan google maps, usaha lokal(UMKM) mu akan dapat ditemukan dari pencarian google dan pencarian google maps. Dibawah ini adalah step by step membuat usaha kamu berada di google maps.
Step 1: Buka website Google Bisnis
Step 2 : Masukkan nama usaha
Step 3 : Pilih jenis usaha
Step 4 : Tentukan lokasi bisnis
Step 5 : Pilih kategori usaha
Step 6 : Masukkan alamat usaha
Step 7 : Isi informasi kontak usaha
Step 8 : Tampilkan bisnis kamu di peta
Di step 8 ini akan ada pilihan opsional.Pilihan opsional itu adalah:
- Dapatkan berita dan tips cara meningkatkan Profil Bisnis Anda
- Dapatkan undangan untuk berpartisipasi dalam survei dan uji coba sesekali Saran kami adalah anda boleh setujui untuk pilihan nomor
Saran kami adalah anda boleh setujui untuk pilihan nomor 1, karena pilihan itu akan memberikan ijin ke pihak google untuk mengirim ke email mu informasi tentang bagaimana membuat profil bisnis kamu lebih baik lagi kedepannya. Dan informasi yang diberikan google sangat bermanfaat untuk disimak dan di implementasikan untuk bisnis mu.
Step 9 : Verifikasi
Mengklaim Usaha yang Telah Terdaftar di Google Maps
Biasanya, usaha mu telah terdaftar di google maps tanpa sepengatahuan mu. Ini bukan masalah besar, bahkan bisa dibilang ini adalah keuntungan buat mu, karena jika hal ini terjadi, kamu hanya perlu mengklaim bahwa usaha yang berada di google maps itu adalah milikmu. Begini caranya:
Step 1 : Isi informasi tentang hak kamu atas bisnis yang telah terdaftar
Setelah mengisi informasi dan kontak yang diperlukan, google akan mengirim verifikasi bahwa kamu adalah pemilik atau memiliki hak terhadap bisnis atau usaha yang ditampilkan di google maps.
Mengoptimalkan Lokal SEO untuk UMKM
Setelah kamu mendaftarkan usaha UMKM mu di google maps. Untuk mengoptimalkan lokal seo untuk UMKM kamu perlu memperjelas informasi tentang UMKM mu yang telah terdaftar. seperti menyertakan foto, jadwal buka dan tutup, dan jangan lupa untuk meminta rating kesetiap pelanggan yang datang.
Untuk kamu yang tidak mau ribet dan hanya ingin terima jadi. Kamu bisa menghubungi team metadigital untuk membantu mengembangkan bisnis umkm mu agar memiliki tingkat lokal seo yang baik, untuk konsultasi GRATIS.